SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Selasa September 16, 2014
Beranda  //  Pendidikan Pondok Pesantren
02
Jun 2012
Print
Email

Pondok Pesantren

Ditulis oleh admin
Hits: 3597

santri_1Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Nusantara. Sebelum didirikannya sekolah-sekolah resmi baik oleh pemerintah maupun pihak penjajah, pondok pesantren sudah lebih dahulu eksis menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat dalam ruang lingkup kesederhanaan. Pola pendidikan yang dilaksanakan oleh pondok-pondok pesantren klasik mengadopsi cara pendidikan para ulama salaf di Timur Tengah, dengan menggelar pengajian kitab-kitab keagamaan warisan para ulama terdahulu dan menggunakan sistem tradisional. Meskipun sistem pendidikannya masih sangat sederhana, kenyataannya pondok pesantren mampu menghasilkan alumni-alumni berkualitas dan sukses dalam mengemban tongkat estafet perjuangan guru-gurunya.

Misi pendidikan pesantren tersebut menjadi titik tolak pendirian YAPINK. Sejak awal, YAPINKsantri_2 diformulasikan dan diproyeksikan untuk menjadi lembaga pendidikan yang tetap konsisten mempertahankan norma-norma kepesantrenan. Tatkala sekolah-sekolah di sekitarnya berubah haluan dengan meninggalkan kitab kuning, YAPINK tetap teguh mempertahankannya dan tetap menerapkan pola pendidikan pesantren. Bahkan, YAPINK meramu sendiri kurikulumnya yang merupakan perpaduan antara kurikulum pemerintah, kurikulum Tsanawiyah (Aliyah) Al-Azhar as-Syarif Kairo, dan kurikulum kepesantrenan. Dengan ini diharapkan siswa-siswi yang belajar pada jenjang apapun di YAPINK tetap memiliki kapabilitas yang memadai dalam bidang agama sesuai dengan porsinya masing-masing.

Seiring waktu, terjadi berbagai pembenahan dalam konsep dan pelaksanaan pendidikan kepesantrenan di YAPINK. Revisi yang dilakukan tetap berlandaskan konsep dasar yang telah dirancang oleh para pendiri, serta menjunjung tinggi 5 pilar prinsip utama pesantren YAPINK, yaitu:

  1. Bimbingan pemahaman dan pelaksanaan syariah
  2. Eksplorasi aktif muatan kitab-kitab ulama salaf
  3. Pengembangan potensi dan jatidiri santri
  4. Pelestarian ajaran dan tradisi Ahlussunnah wal Jama'ah
  5. Pemantapan kepekaan dan kepedulian sosial yang sejati


Tentunya tidak mudah bagi YAPINK untuk tetap bertahan dalam arus yang berbeda, namun dengan izin Allah Ta'ala YAPINK masih tetap eksis dan berusaha memberikan sumbangsih terbaik bagi masyarakat luas. Semoga Allah swt senantiasa memberikan kemudahan dalam setiap langkah pengabdian YAPINK untuk menyuarakan kebenaran dan kebaikan Islam, agar tercapai cita-cita i'la`i kalimatillah hiya al-'ulya. Amin. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini12
Kemarin48
Minggu ini60
Bulan ini710
Total66183

Saat ini ada 8 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK