SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Rabu April 16, 2014
Beranda  //  Tentang Kami Sistem dan Kurikulum
01
Jun 2012
Print
Email

Sistem dan Kurikulum

Ditulis oleh admin
Hits: 1420

kitabSistem pendidikan di lingkungan YAPINK menerapkan sistem klasikal dari tingkat dasar, tingkat menengah, hingga tingkat tinggi. Masing-masing bidang dibagi ke dalam unit-unit pendidikan, mulai dari Raudhatul Athfal (TK Islam), Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, SMP, Madrasah Aliyah, SMA, dan program strata 1 (S1) Institut Agama Islam Sholahuddin Al-Ayyubi (INISA). Karakteristik pembidangan disesuaikan dengan kurikulum khusus materi ajar YAPINK, yang mengintegrasikan antara kurikulum Kemenag, Kemendiknas, dan Tsanawiyah Al-Azhar As-Syarif Kairo.

Kekhasan yang dimiliki YAPINK hingga saat ini adalah pemisahan antara pelajar putra dan putri, baik dalam proses belajar-mengajar, aktifitas keseharian, gedung belajar dan asrama. Dengan demikian, pelajar putra dan putri masing-masing memiliki fasilitas dan pusat kegiatan (base camp) tersendiri, sehingga memungkinkan tidak adanya percampuran antara putra dan putri kecuali dalam event-event tertentu. Kekhasan ini diterapkan mulai dari jenjang pendidikan tingkat menengah hingga tingkat tinggi, sedangkan untuk tingkat dasar masih berada dalam satu atap.

Selain sistem klasikal, YAPINK juga menerapkan pendidikan kepesantrenan yang menitikberatkan pada upaya pengembangan potensi keilmuan agama langsung dari sumbernya, kecakapan intelektual dan sosial, serta pembinaan mental, kedisiplinan, kemandirian, dan keahlian dasar sebagai modal bagi masa depan para santri. Dalam hal kepesantrenan, YAPINK menggunakan sistem pesantren salaf dengan tetap konsisten mempelajari dan mendalami Al-Qur'an al-Karim dan Hadits Nabi, kitab kuning, bahasa Arab dan ilmu-ilmu pendukungnya, serta kegiatan-kegiatan eksplorasi potensi santri. Selain itu, YAPINK juga menerapkan ekstra kurikuler sains dan teknologi yang didukung dengan perangkat laboratorium komputer dan laboratorium bahasa. Sistem kepesantrenan di YAPINK dibagi menjadi 2 jenjang, yakni tingkat menengah (Mutawassit) dan tingkat tinggi ('Aly). Dalam masing-masing bidang diterapkan pola pendidikan yang berbeda, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Beberapa kitab kuning yang masih aktif dipelajari di YAPINK di antaranya:

  • Tafsir Al-Jalalain (Tafsir Al-Qur'an)
  • Jawahir Al-Bukhari, At-Tajrid as-Sharih (Hadits)
  • Al-Hushun al-Hamidiyah, Umm al-Barahin (Tauhid)
  • Ta'lim al-Muta'allim, Minhaj al-Muslim (Akhlak)
  • Qawa'id al-Lughah al-'Arabiyah, Al-Ajurumiyah, Alfiyah Ibnu Malik (Nahwu Sharaf)
  • Safinah an-Naja, Fath al-Qarib, Fath al-Mu'in (Fiqh)
  • dan lain-lain.


Prosentase pendidikan agama dan umum dalam sistem klasikal direalisasikan dalam pembagian 60% berbanding 40%. Untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) prosentasenya adalah 60% materi agama dan 40% materi umum. Sementara untuk tingkat SMP dan SMA prosentasenya adalah 40% materi agama dan 60% materi umum. Masing-masing bidang memiliki tujuan dan karakteristik yang berbeda. Para calon siswa/wali siswa dapat memilih bobot bidang pendidikan yang telah ditetapkan sesuai dengan misi dan harapannya masing-masing. Keberhasilan siswa dalam menyerap secara maksimal terhadap seluruh materi yang diajarkan berkaitan erat dengan kesiapan dasar dari para calon siswa, meskipun tidak menutup kemungkinan bagi calon-calon siswa yang belum memiliki kemampuan dasar dapat ikut bersaing setelah mengikuti bimbingan-bimbingan intensif dan kejar materi persiapan yang akan dilaksanakan jika dibutuhkan. Kemauan dan kerja keras, ketabahan, serta dukungan dari orang tua dan guru menjadi faktor penentu keberhasilan siswa/santri untuk melalui proses belajar di YAPINK. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini25
Kemarin51
Minggu ini119
Bulan ini789
Total58770

Saat ini ada 9 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting